Pare merupakan sayuran yang jarang dinikmati karena memiliki rasa yang pahit. Meskipun pahit ternyata pare memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermamfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Pare sebenarnya merupakan tanaman herbal karena buah biji dan akar dari pare ini bisa dimamfaatkan menjadi obat tradisonal.

Dari hasil penelitian di ketahui bahwa pare memiliki kandungan vitamin yang cukup kompleks diantaranya Vitamin A,C,E,B1,B2,B3 dan folat. Selain vitamin dan folat buah pare juga memiliki berbagai kandungan mineral seperti kalsium, kalium, zat besi, seng, magnesium hingga fosfor. kandungan karbohidrat, antioksidan dan serat dari buah pare juga bermamfaat untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Buah pare di percaya dapat menyembuhkan penyakit diabetes tipe 2 karena kandungan senyawa kimia yang dimikiki buah pare dapat berperan sebagai insulin yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Beberapa mamfaat lain dari buah pare adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan karena rasa pahit yang dimiliki oleh pare dapat menyembuhkan konstipasi. Pare juga terbukti efektif untuk melawan berbagai bakteri penyebab infeksi misalnya E.coli, Salmanella, Pseudomonas dan lainnya.

Selain itu juga pare di percaya dapat meningkatkan imunitas pada penderita HIV dan kanker serta mengurangi peradangan pada pengidap penyakit liver.Pare juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh serta menurunkan berat badan. Bagi ibu hamil yang akan menyusui konsumsi buah pare adalah di larang karena zat aktif yang terdapat dalam tubuh sang ibu bisa di transfer ke bayi saat menyusui.

Comments are closed.