Kalahkan Filipina, Vietnam Masuk Ke Final Piala AFF 2018

Kalahkan Filipina, Vietnam Masuk Ke Final Piala AFF 2018

Timnas Vietnam akhirnya berhasil melaju ke Final Piala AFF 2018 setelah mereka berhasil menaklukkan Filipina dengan score 2-1 pada leg Semifinal yang di selenggarakan di Stadion My Dinh, Hanoi, Kamis (6/12/2018). Pada pertandingan pertama Vietnam juga unggul dari Filipina dengan score 2-1, dengan kemenangan kedua ini mereka membuat diri menang dengan agregat total score 4-2 dan memastikan tiket untuk berada ke Final Piala AFF 2018 melawan Malaysia.

Memasuki partai final ini akan menjadi pengalaman yang ketiga bagi timnas Vietnam, sebelumnya mereka pernah memasuki partai final pada tahun 1998 dan 2008, di tahun 1998 mereka hanya berhasil menjadi Runner UP sedangkan untuk tahun 2008 mereka berhasil menjuarai Piala AFF waktu itu.

Saat melawan Filipina pada laga leg kedua, Vietnam bermain dengan sangat agresive di karenakan mereka bermain di kandang sendiri dengan supproter mereka yang memadati stadion tersebut.

Pelatih timnas Vietnam, Park Hang-seo mengandalkan formasi (5-3-2) dalam menghadapi Filipina, dengan ujung tombak mereka Phan Van Duc dan Nguyen Anh Duc serta mengandalkan initiator Nguyen Quang Hai dan Phan Duc Huy di bagian midfilder. Tampaknya strategi tersebut sangat berhasil, di dalam pertandingan melawan Filipina.

Timnas Vietnam berhasil mencetak gol di menit ke-83 oleh Nguyen Quang Hai dan di menit ke-87 oleh Nyuyen Cong Phuong sedangkan gol dari Filipina di cetak di menit ke-89 oleh James Younghusband.