Berpuasa sudah merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemeluk agama islam. Pola tidur hingga nutrisi makanan merupakan hal yang perlu di perhatikan saat menjalani ibadah puasa. Stamina dan kesehatan menjadi hal yang penting agar puasa tetap bisa berjalan dengan baik. Membahas tentang makanan saat berpuasa, beberapa jenis sajian makanan sebaiknya dihindari saat sedang menjalankan puasa karena akan menganggu aktivitas puasa. Berikut ini kami rangkumkan beberapa jeni makanan yang mungkin harus di larang saat berbuka puasa:

1. Yang digoreng
Berbuka makanan dengan makanan yang di goreng memang sangat lezat namun makanan tersebut akan mengalami proses pencernaan yang berat dalam tubuh. untuk menguraikan gorengan tersebut di butuhkan proses yang lama dan berat sehingga tubuh cenderung akan terasa lemas dan stamina akan menjadi menurun.

2. Yang mengandung gas
makanan seperti sawi, kol dan buah nangka perlu di hindari saat berbuka puasa sebab makanan tersebut mengandung gas saat di cerna oleh usus. gas yang berlebihan di dalam usus dapat menyebabkan kram perut.

3. Yang tinggi gula
makanan manis sebenarnya sangat bagus untuk mengembalikan energi dalam tubuh setelah berpuasa namun perlu di perhatikan bahwa konsumsi makanan yang menggandung pemanis buatan malah akan memperburuk kondisi kesehatan anda selama berpuasa. tubuh akan bekerja semakin keras untuk memproduksi insulin agar kadar gula dalam tubuh menjadi seimbang.

4. Yang merangsang asam lambung
makanan yang mengandung cafein perlu dilarang untuk di konsumsi saat berbuka puasa sebab cafein akan membuat asam lambung bekerja keras dan akan menyebabkan kerusakan pada dinding lambung.

5. Yang terlalu asin dan pedas
rasa asin dan pedas tidak terlepas dari rasa masakanan yang akan di konsumsi namun kadar asin dan pedasnya harus dijaga agar tidak membuat kinerja tubuh menjadi berat. kadar asin dan pedas yang berlebihan akan membuat tubuh kesusahan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Comments are closed.