Menjelang kenaikan kelas, setiap sekolah akan mengadakan ujian dan waktu persiapan untuk ujian akan di hadapi oleh anak anak kita. bimbingan dn dukungan dari orang tua pastinya di perlukan bagi anak. tidak jarang mereka akan belajar materi pelajaran hingga larut malam bahkan harus bergadang untuk mendapatkan hasil ulangan yang bagus. Pembelajaran materi hingga larut malam dan bergadang sebenarnya tidak efektif.

Metode pembelajaran yang paling efektif sebenarnya adalah mengulang apa yang di pelajari sebelum tidur. tidur yang cukup akan membuat daya ingat semakin bagus dari pada kita belajar dengan bergadang karena daya untuk mengingat di saat mengantuk sangat buruk. ketika bangun tidur juga merupakan waktu yang bagus untuk belajar karena di saat bangun memori otak untuk mengingat masih bagus dan dapat dengan mudah menyerap apa yang kita pelajari.

Metode pembelajaran lainnya yang di sarankan adalah belajar secara bertahap jadi jauh sebelum menghadapi ujian pembelajaran bahan ujian di mulai dan ketika ujian di mulai anak kita hanya perlu mengulangnya. dengan cara seperti itu beban kerja otak untuk mengingat tidak berat dan anak tidak cepat jenuh dengan materi ujian yang banyak. pembelajaran di lakukan di pagi hari dan saat malam hari mereka hanya perlu mengulangnya sebelum akan tidur.

Stamina anak saat akan menghadapi ujian perlu di perhatikan, asupan makanan yang sehat juga perlu di berikan agar tubuh tidak kelelahan saat akan menghadapi ujian.Jika di perlukan maka pemberian suplemen untuk otak bisa di berikan oleh orang tua kepada anaknya untuk membantu meningkatkan dayha ingat mereka. metode belajar dengan menuliskannya dengan pensil juga sangat membantu sebab dengan menuliskan bahan ujian ke dalam buku latihan akan memudahkan mereka mengingatnya dari pada dengan metode menghafal biasa.

Semakin banyak latihan yang di berikan untuk materi ujian akan membuat rasa percaya diri akan meningkat ketika menghadapi soal ujian nantinya. tingkat kesadaran akan pentingnya belajar sebelum menghadapi ujian harus datang dari anak secara pribadi. jika kemauan untuk belajar dari anak tidak ada maka penguasaan materi ujian pasti akan sulit. Jadi faktor kemauan dan kesadaran juga penting dalam penguasaan materi ujian.

Comments are closed.